Sewa Kapal Labuan Bajo itu Gampang Banget!

Sewa Kapal Labuan Bajo itu Gampang Banget!

Bagi kalian yang ingin ikut open trip komodo, sekarang banyak sekali operator wisata yang menawarkan jasa paket wisata untuk menikmati keindahan alam Taman Nasional Komodo. Harga yang ditawarkan pun bervariasi tergantung jenis kapal yang digunakan.

Tapi apabila kalian pengen mengatur sendiri tripnya tanpa ikut operator wisata tentunya juga bukan pilihan yang buruk. Pasti akan terasa lebih sulit karena semuanya diatur sendiri, namun keuntungan yang akan kalian dapatkan salah satunya adalah harga yang lebih fleksibel dibandingkan dengan ikut open trip.

Pertama-tama, yang harus kalian lakukan adalah mencari informasi tentang sewa kapal labuan bajo. Kalian bisa melakukan riset sederhana seperti bertanya kepada teman yang sudah pernah trip ke Labuan Bajo, atau kalian juga bisa googling mengenai penyewaan kapal di Labuan bajo ataupun blogwalking ke berbagai travel blogger.

Tapi kalau kalian sudah melakukan itu semua tapi masih belum ketemu juga informasi yang pas, jangan takut, karena kalian akan mendapatkan informasi itu di artikel kali ini.

Ada jenis kapal yang ada di Labuan Bajo yang biasa digunakan untuk sailing. Ada Yacht, Kapal Phinisi, Kapal Medium. Perbedaan dari kapal-kapal tersebut adalah dari segi fasilitasnya dan tentu juga harganya. Namun, yang paling sering digunakan oleh para traveler adalah kapal medium.

Kenapa? Karena harga sewanya yang terjangkau namun fasilitasnya sudah cukup keren. FYI, untuk kapal phinisi harga sewanya kebanyakan di atas 40 juta untuk 3 hari sailing.

Kapal medium terbagi lagi menjadi 2, yaitu kapal medium ac dan kapal medium non ac. Pemilihan kapal mana yang cocok untuk kalian adalah berdasarkan pembagian ini, mengingat cuaca di flores yang panas dan tentunya bikin badan lengket.

Sewa Kapal Labuan Bajo medium non ac (Kipas Angin) bukan pilihan yang buruk, tapi kalau boleh kami saran lebih baik kalian pilih kapal yang medium ac karena perbedaan harga sewa yang tidak terlalu signifikan namun kalian akan mendapatkan tidur yang nyaman di malam harinya.

Langsung aja deh ya ke penjelasan dari masing-masing kapal. Kita mulai dari yang pertama yaitu:

1. Kapal Yacht

Kapal yang diidentikan dengan hotel terapung yang sebenarnya. Dalam artian semua fasilitas baik eksterior maupun interior dibangun secara mewah dan juga berkelas. Di labuan bajo sendiri baru ada beberapa kapal yacht ukuran kecil dan sedang.

Biasanya, kapasitas kapal yacht hanya untuk 5-8 orang. Dengan ukuran yacht yang besar dan kapasitas hanya sedikit, jadi bisa kita bayangkan bagaimana mewahnya kapal yacht ini. Biaya sewa yacht di labuan bajo berkisar antara 150-250 juta untuk 3 hari trip dan hanya untuk maksimal 5-8 orang. Mau? :)))

2. Kapal Phinisi

Kapal Phinisi merupakan kapal tradisional buatan asli indonesia tepatnya berasal dari Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Daerah yang satu ini memang terkenal sebagai sentra pembuatan Kapal Phinisi, bahkan orang-orang dari berbagai belahan dunia sudah mengantri untuk membuat kapal di sini.

Saat ini kapal phinisi sudah banyak berdatangan dan saling bersaing di Labuan Bajo. Bahkan saat ini beberapa kapal sudah dimodifikasi dari bentuk asli phinisi ke bentuk phinisi yang lebih cocok untuk digunakan wisata.

Kapal phinisi yang tersedia di Labuan Bajo hadir dengan berbagai pilihan harga. Range harga dimulai dari 15 juta – 50 juta per hari. Per, hari, ya, hehe. Untuk Kapal Phinisi sendiri, di labuan bajo terbagi menjadi 3 jenis yaitu: Phinisi Luxury, Phinisi, dan Semi Phinisi. Yang membedakan dari ketiganya biasanya adalah dari fasilitas dan ukuran kapal.

Gimana sih rasanya naik kapal Phinisi? Kalian akan merasakan kerennya nuansa tradisional dicampur dengan interior yang modern. Jadi bagi kalian yang pengen banget nyobain untuk naik kapal yang satu ini, siap-siap untuk mengocek saku yang dalam ya!

3. Kapal Medium AC 1

Kapal medium AC levelnya ada di bawah Phinisi. Berada di bawah bukan berarti lebih jelek ya hehe. Karena menurut data yang kami terima, frekuensi sewa kapal labuan bajo yang sering beroperasi justru adalah kapal medium ac. Kenapa? Karena fasilitasnya tidak jauh beda dengan kapal phinisi, tapi kalian bisa berlayar dengan harga yang jauh lebih murah.

Nah, itu saja yang dapat kami sampaikan mengenai sewa kapal labuan bajo. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.