Terapkan 3 Langkah Ini Dalam Kegiatan Berinvestasi Untuk Pemula

Terapkan 3 Langkah Ini Dalam Kegiatan Berinvestasi Untuk Pemula

Saat ini banyak sekali platform yang membagikan tips beli saham untuk pemula, oleh sebab itu apabila dahulu investor di dominasi oleh orang yang sudah memiliki kapital yang besar, saat ini anak muda sudah bisa melakukan investasi dengan nominal yang kecil. Banyaknya investor pemula yang di dominasi oleh anak muda ini dikarenakan seiring dengan perkembangan dunia digital yang memudahkan informasi sampai kepada semua orang dan perkembangan dunia investasi yang memfasilitasi banyak orang untuk melakukan investasi dalam modal yang kecil. Namun untuk kamu yang ingin melakukan investasi coba terapkan 3 hal di bawah ini.

1. Pahami Konsep dan Juga Resiko Investasi

Berbicara tentang investasi kita bisa memahami lewat konsep Asuransi. Secara umum asuransi adalah sebuah mekanisme pengelolaan risiko finansial yang paling mudah. Setidaknya ada dua jenis Asuransi yang sangat penting untuk dimiliki karena segala tindakan yang memiliki resiko finansial sebaiknya kita asuransikan; yaitu Asuransi jiwa dan Asuransi kesehatan. Melakukan investasi sejatinya adalah kita menanamkan sejumlah uang kepada sebuah instrumen yang bisa digunakan sebagai alat investasi yang mana instrumen tersebut dapat dikembangkan dan di pakai pada saat kita membutuhkan. Seiring perkembangan model dan jenis investasi saat ini banyak orang yang berfokus kepada menghasilkan uang lewat kegiatan investasi tersebut.

2. Miliki Tujuan Keuangan yang Jelas

Salah satu langkah awal yang cukup penting sebelum kamu melakukan investasi adalah menentukan terlebih dahulu tujuan kamu untuk berinvestasi. Kamu bisa menentukan tujuan keuangan tersebut secara sederhana seperti sebuah kondisi di masa depan yang ingin kamu wujudkan seperti target finansial tertentu dan pada periode tertentu. Dengan memiliki tujuan keuangan, kamu akan lebih mudah dalam menemukan cara investasi yang paling tepat karena saat ini banyak sekali model investasi yang bisa kita ambil. Selain itu kamu juga perlu untuk menentukan target waktu seperti apakah kamu mengharapkan keuntungan dalam jangka waktu yang pendek, menengah atau jangka panjang.

3. Menentukan Instrumen Investasi

Setelah menentukan tujuan keuangan seperti kondisi, target dana dan juga jangka waktu yang kamu inginkan, selanjutnya kamu bisa mulai untuk menentukan pilihan instrumen investasi yang tepat sesuai dengan tujuan, dan profil risiko yang ingin kamu ambil. Jangan lupa juga untuk menentukan time horizon, time horizon sangat penting karena akan mempengaruhi penilaian terhadap risiko sebuah instrumen investasi dan efektivitas instrumen tersebut dalam membantu kamu untuk mencapai target dana yang sudah ditentukan.

Saat ini sudah banyak sekali model dan instrumen investasi seperti investasi saham, emas, reksa dana dan yang saat ini baru saja booming yang juga merupakan instrumen investasi digital yaitu crypto currency seperti bitcoin dan lain sebagainya. Fenomena seperti ini juga bisa kamu pelajari mulai dari bagaimana cara membeli bitcoin, peluang dan resiko yang dimiliki serta jangka waktu yang di butuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *